Organizational Citizenship Behavior (OCB)
Organizational Citizenship Behavior (OCB) adalah perilaku - perilaku dari pekerja yang melebihi apa yang sudah disyaratkan oleh peran formulanya serta tidak secara langsung dan eksplisit diakui oleh sistem kompensasi/reward yang resmi.
Jadi OCB itu merupakan perilaku atau tindakan seseorang yang dilakukan dengan keinginannya sendiri dan sukarela, tanpa ada paksaan, tidak untuk kepentingan diri sendiri melainkan untuk kepentingan organisasi.
Menurut Alison (2001) mengemukakan bahwa terdapat lima dimensi primer dari OCB, yaitu :
1. Altruism, yaitu perilaku membantu karyawan lain tanpa ada paksaan pada tugas - tugas yang berkaitan erat dengan operasional organisasi.
2. Civic Virtue, yaitu perilaku menunjukkan partisipasi sukarela dan dukungan terhadap fungsi - fungsi organisasi baik secara profesional maupun sosial alamiah
3. Consencientiousness, yaitu perilaku yang berisikan tentang kinerja dari prasyarat peran yang melebihi standar minimum.
4. Courtesy, yaitu perilaku berbuat baik kepada orang lain dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan.
5. Sportmanship, yaitu berisi tentang pantangan - pantangan membuat isu - isu yang merusak meskipun merasa jengkel.
OCB menimbulkan dampak positif bagi organisasi, seperti meningkatkan kualitas pelayanan, meningkatkan kinerja kelompok, dan menurunkan tingkat turnover. Pentingnya OCB secara praktis adalah pada kemempuannya untuk memperbaiki efisinsi, efektivitas, dan kreativitas oraganisasi melalui kontribusinya dalam transformasi sumber daya, inovasi dan adaptasibilitas.
Komentar
Posting Komentar